PSG Road to Final Liga Champions 2019-2020

Posted on

PSG sukses raih final Liga Champions 2019-2020. Di partai puncak, mereka akan berjumpa dengan Bayern Munchen di Estadio da Luz, Senin (23/8/20) pagi hari WIB. Ini ialah final Liga Champions pertama dalam kisah klub asal Prancis itu. Momen bersejarah ini tercipta ditengahnya minggu perayaan 50 tahun klub.

Awalannya, pencapaian terbaik PSG dalam tempat Liga Champions adalah set semi-final. Itu berjalan pada musim 1994/1995. PSG sendiri saat ini ialah klub terkuat di tanah Prancis. Mereka sukses menyapu bersih semua gelar domestik musim ini.

Les Parisiens bisa amankan Piala Super Prancis, Ligue 1, Coupe de France, dan Coupe de la Ligue. Saat ini PSG ingin menyempurnakan musim mereka dengan memperoleh Liga Champions.

Fase Grup

PSG terhimpun di Grup A pada set penyisihan grup Liga Champions musim ini. Grup ini tidak mudah karena ada Real Madrid (Spanyol), Club Brugge (Belgia), dan Galatasaray (Turki).

Walaupun begitu, PSG tampil betul-betul perkasa di set grup. Mereka menulis lima kemenangan dan sekali setimbang. Les Parisiens menang 3-0 atas Real Madrid pada laga pertama Grup A. Selanjutnya mereka melanjutkan tren kemenangan sampai pertandingan ke-4.

PSG sempat ditahan setimbang 2-2 oleh Real Madrid pada matchday ke-5. Tapi, raksasa Prancis itu menang telak 5-0 atas Galatasaray di pertandingan terakhir. PSG memuncaki klasemen Grup A dengan perolehan poin 16 dan mempunyai hak maju ke set 16 besar. Mereka ditemani oleh Real Madrid yang menempati tempat runner-up.

Berikut hasil yang dicapai PSG di babak penyisihan group sedetailnya:

  1. 19/09/19 PSG 3-0 Real Madrid
  2. 02/10/19 Galatasaray 0-1 PSG
  3. 23/10/19 Klub Brugge 0-5 PSG
  4. 07/11/19 PSG 1-0 Klub Brugge
  5. 27/11/19 Real Madrid 2-2 PSG
  6. 12/12/19 PSG 5-0 Galatasaray

Babak 16 Besar

Di set ini, PSG bertemu Borussia Dortmund untuk runner-up Grup F. Pada bertemu muka pertama di Signal Iduna Park, PSG ternyata harus akui keunggulan Dortmund. Klub asal Prancis itu kalah dengan skor 1-2. dua gol dari Erling Haaland hanya bisa dibalas satu gol Neymar.

Diperputaran ke-2, PSG sukses bangun. Mereka mengalahkan Dortmund dengan skor 2-0 di Parc des Princes sebab gol Neymar dan Juan Bernat.

Perempat Final

PSG bertemu dengan Atalanta di set perempat final. Tapi, perjalanan PSG di Liga Champions hampir stop di set ini. Tim tuntunan Thomas Tuhel itu sempat tertinggal 1-0 sampai menit ke-89. Gol Atalanta itu dibuat Mario Pasalic di menit ke-26.

Tapi di sini keajaiban berjalan. PSG dengan mempesona sukses memukul balik Atalanta dalam periode waktu 149 detik. Marquinhos dan Eric Maxim Choupo-Moting jadi pahlawan PSG. Mereka bikin gol di sejumlah menit akhir dan bawa serta PSG maju ke semi-final Liga Champions.

Semi-final

Di set semi-final, PSG dipertemukan dengan RB Leipzig. Wakil Jerman itu dilihat seperti tim kuda hitam pada laga kesempatan kali ini. Les Parisiens ternyata tidak memperoleh kesulitan waktu berjumpa dengan tim tuntunan Julian Nagelsmannn. PSG bisa menang dengan skor memberi kepercayaan 3-0.

Ketiga gol PSG dilesakkan berturut-turut oleh Marquinhos, Angel Di Maria serta Juan Bernat. Hasil ini mengantarkan PSG tampil di final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Perempat Final

PSG berjumpa dengan Atalanta di set perempat final. Tetapi, perjalanan PSG di Liga Champions hampir berhenti di set ini. Team bimbingan Thomas Tuhel itu pernah ketinggalan 1-0 sampai menit ke-89. Gol Atalanta itu diciptakan Mario Pasalic pada menit ke-26.

Tetapi disini keajaiban berlangsung. PSG dengan cara mengagumkan sukses memukul balik Atalanta dalam periode waktu 149 detik. Marquinhos serta Eric Maxim Choupo-Moting jadi pahlawan PSG. Mereka cetak gol di beberapa menit akhir serta bawa PSG maju ke semi-final Liga Champions.

Semifinal

Di set semi-final, PSG disandingkan dengan RB Leipzig. Wakil Jerman itu dipandang seperti team kuda hitam pada pertandingan kesempatan ini. Les Parisiens rupanya tidak mendapatkan kesusahan saat bertemu dengan team bimbingan Julian Nagelsmannn. PSG dapat menang dengan score memberikan keyakinan 3-0. Ke-3 gol PSG dilesakkan beruntun oleh Marquinhos, Angel Di Maria dan Juan Bernat. Hasil ini mengantar PSG tampil di final Liga Champions untuk kali pertamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *